Senin, 15 Juni 2015

10 Cara Dongkrak Semangat Kerja di Bulan Puasa

Bulan puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Bekerja dan beribadah merupakan dua hal yang berbeda, dua-duanya bisa Anda lakukan secara optimal. Jadi, jangan sampai produktivitas kerja Anda menurun selama bulan puasa. Brighterlife punya 10 tips untuk mendongkrak semangat bekerja selama bulan puasa, ini 5 diantaranya :

1. Mulailah dengan Niat yang Tulus
Menurut buku Dr. Kazuo Murakami yang berjudul The Divine Message of the DNA menjelaskan hubungan DNA manusia dengan aktivitas yang kita jalani. Jika kita berniat berpuasa dengan tulus, maka DNA tubuh kita yang berjumlah lebih dari 60 triliun sel akan menahan rasa lapar dan haus sampai waktu yang ditentukan.

2. Menyelesaikan Tugas Kantor Sebelum Siang Hari
Saat berpuasa, biasanya tubuh akan terasa semakin lemas menjelang siang hari. Oleh sebab itu, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berat di pagi hari ketika tubuh masih segar. Setelah istirahat siang, Anda tinggal melanjutkan pekerjaan yang lebih ringan.

3. Mengatur Pola Tidur
Puasa tahun ini bertepatan dengan acara Piala Dunia. Seringkali kita tergoda untuk menonton pertandingan hingga dini hari, padahal esok pagi kita harus berpuasa. Kondisi ini biasanya akan membuat tubuh semakin drop. Jadi, usahakan untuk menyudahi aktivitas Anda maksimal pada pukul 10 malam.

4. Olahraga di Sore Hari
Jika Anda sudah terbiasa berolahraga, tidak ada salahnya terus dilakukan selama berpuasa. Tapi ingat, lakukanlah pada sore hari agar tubuh bisa langsung mendapat asupan energi ketika berbuka puasa. Olahraga yang disarankan juga jangan terlalu berat, Anda bisa mencoba jogging, atau yoga.

5. Sempatkan Diri Untuk Refreshing
Agar tetap semangat bekerja, selingi pekerjaan Anda dengan melihat-lihat situs-situs favorit . Untuk Anda yang suka belanja, melihat-lihat online shop bisa membangkitkan mood untuk bekerja. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk sekedar chatting, update status twitter, atau bermain game. Tapi jangan keterusan ya. 

6. Usahakan Agar Selalu Makan Sahur
Pilih makanan tinggi serat dan protein seperti sayur, daging, telur, dan buah-buahan saat sahur. Perhatikan juga asupan air dengan minum minimal 2 gelas saat sahur. Selain untuk bekal energi, makan sahur juga merupakan perintah agama yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, “Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.”

7. Coba Untuk Pergi ke Kantor Lebih Pagi
Cara ini sangat efektif untuk Anda yang menempuh perjalanan cukup jauh menuju kantor. Puasa bisa membuat Anda untuk berangkat kerja lebih pagi, keuntungannya sudah pasti terbebas dari macet dan udara masih segar. Nah, jika tiba di kantor lebih pagi, Anda bisa gunakan untuk beristirahat terlebih dahulu.

8. Tetap Gunakan Jam Istirahat Makan Siang
Meski tidak makan siang, tetap gunakan waktu istirahat kantor untuk keluar ruangan dan meninggalkan meja kerja Anda. Menghirup udara segar dan menggerakkan badan bisa menimbulkan semangat kembali. Selain itu, cobalah untuk tidur kurang lebih 15-20 menit untuk mengistirahatkan mata Anda dari layar komputer.

9. Motivasi Untuk Menurunkan Berat Badan
Jika rasa haus dan lapar sudah datang menggoda, ingatlah dengan target Anda untuk menurunkan berat badan. Puasa ditambah dengan mengontrol pola makan sehat bisa menjadi cara yang jitu untuk menurunkan berat badan. Jadi, selain menjalankan ibadah, tidak ada salahnya untuk menambah motivasi berpuasa Anda untuk mencapai berat badan ideal.

10. Berbuka Saja Dulu di Kantor
Untuk Anda yang jadwal bekerjanya tidak berubah saat bulan puasa, ada baiknya untuk berbuka puasa di kantor sebelum pulang. Selain menghindari kemacetan, berbuka puasa di kantor bisa menjadi ajang silaturahmi sesama karyawan, sehingga bisa menambah keakraban. Di samping itu Anda juga bisa melaksanakan ibadah Shalat Maghrib tepat waktu.

Semoga dengan 10 cara di atas, Bright friends bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar meskipun beban pekerjaan tetap menanti. Kita harus optimis bahwa ibadah dan bekerja adalah dua hal yang bisa dilakukan secara harmonis. Selamat berpuasa.

Source : http://brighterlife.co.id/2014/07/18/10-cara-dongkrak-semangat-kerja-di-bulan-puasa-part-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar