Rabu, 01 Juli 2015

mengapa Tidak mudah sakit saat puasa?

Banyak masyarakat yang biasa menjalankan ibadah puasa merasakan manfaat sehat saat berpuasa. Bahkan ada juga yang mendapati penyakit dalam mereka sembuh setelah berpuasa. Ya, berpuasa memang terbukti meningkatkan imunitas.
Tubuh, khususnya sistem pencernaan, yang beristirahat selama puasa memiliki kesempatan lebih untuk membersihkan dan memperbaiki diri, kata Dokter umum dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Adhisti Pritalina, menjelaskan.
"Selama berpuasa, organ tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat. Ini akan dimanfaatkan tubuh untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel tubuh yang rusak," kata Adhisti Pritalina dalam acara temu media bersama Soho #BetterU, baru-baru ini, di Jakarta, kemarin.
Kondisi tersebut tidak hanya akan memperbaiki sistem metabolisme, kekebalan tubuh akan lebih ditingkatkan. Termasuk dengan peningkatan sel darah putih atau limfosit, yang menurut penelitian mampu diproduksi hingga 10 kali lipat selama puasa.
"Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, tentu pertahanan tubuh kita dapat melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, atau zat kimia, sehingga membuat kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit," tambahnya.

Source : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/07/01/481/1174394/alasan-anda-tidak-mudah-sakit-selama-bulan-puasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar